Viral aplikasi AI penghapus baju wanita bikin pakaian tembus pandang bagaikan tanpa busana di Twitter, hati-hati!

Viral aplikasi AI penghapus baju wanita bikin pakaian tembus pandang bagaikan tanpa busana di Twitter, hati-hati!







Aplikasi AI untuk mengubah foto jadi tanpa busana, tembus pandang, dan menghapus pakaian wanita sedang marak beredar baru-baru ini.


Salah satu aplikasi AI penghapus baju wanita yang saat ini sedang menjadi sorotan di dunia maya adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk secara digital "menghilangkan pakaian" pada foto yang diunggah. Sayangnya, aplikasi ini telah disalahgunakan untuk melakukan kejahatan. Aplikasi ini menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk menghapus pakaian dari orang yang ada dalam foto tersebut.


Dikutip dari Asiaone pada Sabtu (29/6/2019), pengembang aplikasi ini telah dikritik oleh banyak pengguna internet. Aplikasi ini awalnya diluncurkan sebagai hiburan beberapa bulan yang lalu.


Aplikasi bernama DeepNude ini akhirnya ditarik dari berbagai toko aplikasi di berbagai platform. Pencipta aplikasi DeepNude mengaku tidak pernah mengira bahwa aplikasi ini akan menjadi viral dan mereka kesulitan mengendalikan penggunaannya.


Meskipun pengembang aplikasi menuliskan bahwa aplikasi ini dikembangkan di Estonia, Eropa, aplikasi ini tetap menimbulkan kekhawatiran terkait privasi dan potensi penyalahgunaan. Lebih dari 500.000 orang telah mengunduh aplikasi ini, meningkatkan kemungkinan penyalahgunaannya.


Kelompok-kelompok anti pornografi di dunia maya mengutuk aplikasi ini dan berharap ada konsekuensi atas tindakan pengembangnya. Aplikasi ini dianggap merusak dan berbahaya oleh beberapa pakar teknologi.


DeepNude tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan versi berbayar. Versi gratis menampilkan tanda watermark yang besar di atas gambar, sementara versi berbayar menampilkan watermark yang lebih kecil dengan tulisan "Fake" di salah satu sudut gambar.


Pengembang aplikasi mengakui bahwa aplikasi ini sebenarnya tidak begitu baik dan hanya dapat bekerja dengan foto-foto tertentu. Terakhir diketahui, aplikasi ini telah dihentikan oleh pengembangnya.


Photo by Gilles Lambert on Unsplash

Posting Komentar

0 Komentar