TKW Arab Saudi viral pulang kampung bawa emas sekarung

TKW Arab Saudi viral pulang kampung bawa emas sekarung




Saat ini, banyak pekerja-pekerja asal Indonesia yang memilih untuk bekerja di luar negeri dengan harapan agar bisa sukses di negeri orang.

Salah satu contohnya adalah Bunda Risma, seorang TKW asal Madura yang sudah sukses di Arab Saudi, karena sudah menjadi TKW sejak ia masih SD.

Sosok Bunda Risma ini banyak menjadi perbincangan netizen karena kisah suksesnya yang tidak terjadi dalam satu malam saja.

Bahkan, Bunda Risma mengaku tidak lulus pendidikan SD karena sudah diboyong orang tuanya ke Arab Saudi ketika ia masih kecil.

Awalnya, ia berjualan makanan keliling Masjidil Haram. Ketika dewasa, ia mencoba merintis usaha katering untuk para Jemaah haji asal Indonesia.

Tak disangka, usaha kateringnya itu semakin sukses dan banyak Jemaah haji asal Indonesia yang menyukai masakannya tersebut.

Kisah suksesnya membuka usaha catering sejak tahun 2009 itu tentunya punya perjuangan tersendiri. Pasalnya, ia mengaku banyak kisah sedih yang ia kerap alami.

Tetapi, hal tersebut tidak membuatnya patah semangat. Kerja keras akhirnya tidak menghianati hasil, dan usaha catering Bunda Risma saat ini menjadi sukses.

“Kalau masalah sedihnya itu banyak banget. Hampir banyak sedihnya ya, namanya kita merintis dari nol waktu itu,” ungkap Bunda Risma.

“Pada waktu itu, jualan dari bawah asalnya itu, eh sering makanan diambil disemprot dengan gas terus kita juga sering dikejar-kejar sama Askar (pasukan pengaman Haji),” tambahnya.

Kendati sudah sukses di Arab Saudi, Bunda Risma tetap tidak lupa dengan Indonesia. Ia mengaku kerap pulang ke Madura dengan membawa banyak ‘hadiah’ dari Arab Saudi.

Bahkan, Bunda Risma mengaku pernah diminta membayar pajak hingga 300 juta karena membawa banyak emas dari Arab Saudi.

“Kena bea cukai Rp 360 juta, karena bawa emas. Itu pun yang dipakai (perhiasan) nggak ditimbang, anggaplah bonus,” curhat Bunda Risma.

“Per gram hitungannya Rp 300 ribu. Jadi, buat teman-teman yang lain, sebaiknya kalau emas jangan melebihi 100 gram,” tambahnya.

Posting Komentar

0 Komentar